Sunday, May 29

sakit hati

*a sharing from a sister*


Sesungguhnya, tak seorang pun dapat menyakiti hati Anda, kalau Anda tidak mengizinkannya. Sungguh, tak seorang pun dapat menyakiti hati Anda kalau Anda sudah begitu dekat dengan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang....
Nah, Bagaimana kalau terlanjur sakit hati? Apa yang harus dilakukan? Nah, ketika sakit hati menghampirimu, maka segeralah ber-istighfar dengan sepenuh hati. Mohon ampunlah kepada Allah karena Anda merasa sakit hati. Yang jadi masalah adalah,ketika Anda tidak merasa bahwa sakit hati itu adalah perbuatan yang menzalimi diri sendiri, sehingga otomatis Anda pun menjadi enggan beristighfar ketika Anda merasa sakit hati.

Nah maafkan saja apapun kesalahan orang lain terhadap Anda. Memang tidak mudah, tapi lebih tidak mudah lagi jika Anda tidak mau memaafkan. Memaafkan memang tidak mengubah apapun di masa lalu, tapi memaafkan akan memperindah kehidupan Anda hari ini dan hari esok. Rasa sakit yang difasilitasi justru akan mengundang rasa sakit yang lebih besar.

Berikut adalah teknik memaafkan agar lebih mudah dan kebahagiaan pun dekat dengan Anda :
1. Ingat Allah
2. Ingat masalahnya/orangnya yang belum dimaafkan
3. Tarik nafas yang dalam seolah-olah mengikat semua emosi negatif......
4. tahan sebentar..2-3 detik......
5. Hembuskan seraya beristighfar..dan. Astaghfirullaahl azhiim.. fokuslah terus kepada Allah...
6. dan ucapkanlah : "Ya Allah saya maafkan dia..saya ikhlas...saya sudah menerima dengan tenang...karena semua adalah milikMu..semua adalah ketetapanMu...dan maafkan aku ya Allah"
7. ucapkalah.. Alhamdulillah... dan jika masih ada rasa sakit hatinya, maka ulangi kembali..insya Allah hati Anda menjadi tenang....

wallahu a'lam

No comments:

Post a Comment